Massa yang tergabung dalam ormas Front Pembela Islam (FPI) melakukan konvoi di jalanan di Kota Depok. Kegiatan ini dilakukan FPI dalam rangka menyambut bulan suci ramadan.

"Ini bukan demo. Jadi jelang Ramadan, beberapa ormas sudah lakukan ta'aruf menjelang bulan suci Ramadan, jadi mereka hanya berkonvoi saja," ujar Kapolres Depok AKBP Harry Kurniawan, Minggu (29/5/2016).

Menurur Harry, massa FPI telah mengajukan pemberitahuan terkait aksi konvoi yang dilakukan sejak pagi hingga sore tadi. Ratusan polisi bermotor dan mobil turut mengawal kelancaran aksi konvoi tersebut.

Massa FPI konvoi di Margonda Depok/Istimewa


"Kita kawal agar tertib dan lancar, ada 150-an anggota yang mengawal," imbugnya.

Massa berkeliling di jalanan sekitar Depok mulai dari kawasan Grand Depok City (GDC), Jalan Margonda Raya dan Cimanggis. Harry memastikan tidak ada aksi sweeping yang dilakukan massa FPI.

"Tidak ada sweeping, hanya konvoi saja keliling. Ini kegiatan rutin mereka dalam rangka menyambut bulan suci ramadan," lanjutnya.

Selama berkonvoi, massa menyerukan takbir dan salawat nabi. Lewat pengeras suara, massa FPI juga mengajak masyarakat Depok untuk ikut menjaga kesucian bulan Ramadan.

"Selama kegiatan, konvoi berlangsung tertib dan lancar tanpa adanya gangguan kamtibmas," pungkasnya.