Pada Tahun 2007 tersebar sebuah VCD Heboh , yang menggambarkan seorang pendeta yang Mengaku dia adalah sebagai Mantan Muslim, seorang Habib, mantan ketua FPI Surabaya, pernah sekolah di Mekah dan Madinah, dan lain-lain sebagainya yang kemudian dalam VCD tersebut, dihadapan jemaat gereja ia mengatakan telah menemukan "Kebenaran" di dalam Kristus, yaitu dalam agama kristen.

Dan bukan itu saja, bahkan dalam VCD yang kemungkinan dibuat antara kurun waktu 2006-2007 tersebut Ia mengeluarkan sejumlah kesaksian palsu, memfitnah, mengabarkan kebohongan dan juga mencaci maki Islam serta hal-hal lainnya, yang kemudian sengaja direkam oleh umat Kristen dan kemudian disebarluaskan ke Seluruh Indonesia bahkan dunia, terutama  lewat media internet!!

Akhirnya mengalirlah puji-pujian, komentar pengagungan, dan sambutan luar biasa sekali di seantaro dunia Kristen Indonesia yang bersyukur atas bertobatnya "Mantan Habib ini" yang menemukan "kebenaran" yaitu dalam agama Kristen. Saking percayanya, kemudian seringkali kita dengar umat Kristiani selalu memakai dari Kesaksian Ali Markus ini selain sebagai sumber ilmu, juga untuk mempengaruhi umat Muslim lainnnya untuk segera merenungi dan bertobat setelah tersebarnya secara luas Video dan MP3 Kesaksian Ali Makrus Atamimi ini.

Bahkan pada saat ini-pun kita masih dengan mudah dapat menemukannya rekaman *emas* kesaksian Ai Makrus ini. Sebagai contoh bila kita mengunjungi situs www.youtube.com dan menuliskan kata "Ali Makrus" dalam mesin pencarian maka akan keluar sekitar 25 lebih rekaman video yang menunjukan iceramah *pertobatannya* hingga seri 12 (karena panjang dari VCD kesaksian tersebut sekitar 1 jam 11 menit). Belum lagi bila kita melakukan pencarian dengan memakai kata "Mantan ketua FPI bertobat" maka akan didapatkan sekitar 14 rekaman video mengenai Ali Markus ini dari bagian 1-8..

Sebagai contoh, admin memberikan link ini: http://www.youtube.com/watch?v=7GCIb14X5JI&feature=related (MOH. ALI MAKRUS 3)
dan ini : http://www.youtube.com/watch?v=X2tJdlmr8VQ (MOH. ALI MAKRUS 9)
karena ini agak berkaitan dengan yang akan ditulis selanjutnya. (Tapi sebaiknya andai bisa, lihatlah seluruh Isi dari kebohongan Ali Markus ini, sebelum video tersebut dihapus/menghilang dari youtube)

Bahkan dalam berita yang dituliskan Voa-Islam , untuk ditahun 2010-pun VCD itu terus masuk beredar kepelosok-pelosok negeri ini bahkan sampai daerah terpencil demi untuk mempengaruhi umat Islam lainnya!.. Semuanya dapat ditelusuri dengan mulai dari sini : http://www.voa-islam.com/counter/christology/2010/02/19/3446/pendeta-mengaku-habib-kembali-gegerkan-pamekasan/

Dalam ceramahnya, Makrus membual tentang berbagai hal. Antara lain, ia mengklaim dirinya sebagai keturunan Habib dari bani Tamim dan pernah belajar di Makkah. Dia juga mengaku telah diangkat sebagai ketua FPI Jatim pada tanggal 10 Jan 2004 silam, serta mengaku sangat dekat dengan Ja’far Umar Thalib dan Laskar Jihad-nya.

Beberapa penghinaan yang diucapkan Mahkrus dalam ceramahnya itu antara lain menyebut bahwa Nabi Muhammad diracun oleh istrinya ketika akan meninggal dulu. “Pada saat usia 61 tahun, Muhammad tidak bisa mendeteksi racun yang masuk di tubuhnya, karena Muhammad diracun oleh istrinya sendiri, istri yang ke-17. Jadi, total istrinya Muhammad itu ada 22,” kata Makrus.

Menurut dia, istri ke-17 inilah yang meracun Muhammad selama dua tahun agar sekarat, hidup tidak matipun tidak. Kejadian ini pula yang dijadikan dasar oleh umat islam untuk membaca surah Yasin kala melihat orang sakit atau sekarat. “Jadi surat Yasin dibaca agar yang bersangkutan mau mati ya, agar cepat mati, kalau hidup agar cepat sembuh,” ujarnya enteng.

Dia juga bercarita “Ketika habis dari Madinah, saya keluar ke Afghanistan. Saya dipersiapkan untuk menjadi Laskar Jihad. Sebelum saya menjadi Laskar Jihad, saya benar-benar dibentuk waktu itu ada di Ambon. Saya bersama Ustadz Ja’far waktu itu. Karena Laskar Jihad ini merupakan sebuah laskar yang dipersiapkan betul untuk menghadapi kelompok-kelompok orang Kristen, dan masih panjang lagi kebohongannya.

Dia  juga menyakinkan jemaat dengan menganggap orang kriten itu adalah majikan sedang orang islam adalah pembantu. Dia juga mengklaim bahwa 75 persen isi al-Qur’an bersumber dari Alkitab (Injil). Dia menganggap orang-orang yang pergi haji ke Makkah tak lebih dari sekadar wisata, bukan ibadah. Baginya, orang yang mencium Hajar Aswad adalah mencium jin. Serta air Zamzam yang dibawa jemaah haji yang pulang adalah merupakan air PDAM arab saudi dan Masih banyak lagi penghinaan Makrus yang dia jelaskan dengan panjang lebar mengenai kebohongan-kebohongan yang dia ucapkan tersebut.

Dan parahnya, umat kriten sepertinya begitu mempercayai bualan Ali Markus ini dan seringkali memakai kesaksiannya sebagai rujukan bahwa umat Islam harus segera bertobat dan memakainya untuk membodohi umat muslim di daerah terpencil,. apalagi mereka melihat latar belakang Ali Markus yang sebelumnya seorang muslim, yang mengaku seorang Habib dengan riwayat yang "WAH" !.....

Jadi ada baiknya umat Islam mengetahui ini dan melihat sendiri Video Kesaksian Ali Makrus itu yang penuh dengan bualan-bulan dan kebohongan sebelum video tersebut hilang lenyap dari youtube dan sulit untuk kita ketemukan lagi di masa depan tidak semudah seperti disaat ini, dan juga agar mengetahui betapa banyak jemaat-jemaat mereka yang diberikan kebohongan-kebohongan tentang kita oleh pemimpin-pemimpin mereka, salah satunya adalah sebagaimana yang terlihat dalam video kesaksian Ali Markus ini.

dr berbagai sumber
---------------------------------
وَقالوا كونوا هودًا أَو نَصٰرىٰ تَهتَدوا ۗ قُل بَل مِلَّةَ إِبرٰهۦمَ حَنيفًا ۖ وَما كانَ مِنَ المُشرِكينَ
Dan mereka berkata: "Hendaklah kamu menjadi penganut agama Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk". Katakanlah : "Tidak, melainkan (kami mengikuti) agama Ibrahim yang lurus. Dan bukanlah dia (Ibrahim) dari golongan orang musyrik". (QS. 2. Al Baqarah 135)

Sumber :
 Halaman Para Ilmuan dan Tokoh Pendeta Yang Memeluk Islam