Habib Rizieq Syihab menuding Mendagri Tjahjo Kumolo gegabah karena merekomendasikan DPRD DKI segera melantik Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai gubernur DKI. Itu dikatakan Habib Rizieq saat audiensi dengan fraksi oposisi yang kabarnya akan membentuk Koalisi Merah Putih (KMP) di Gedung DPRD DKI, Jakarta siang tadi , Senin (10/11/2014). Hadir dalam pertemuan Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik (Gerindra) dan Abraham Lunggana (PPP).

Habib Rizieq juga meminta fraksi oposisi DPRD DKI untuk menunjuk gubernur tandingan jika akhirnya Ahok jadi dilantik. “Andaikata pemerintah melantik Ahok, kami minta bapak bapak di DPRD KMP tidak menerima pelantikan tersebut. Kami mendukung melantik gubernur tandingan, sampai ada rekonsiliasi sampai Ahok tidak bisa diterima,” ujar Habib Rizieq Syihab

KH Fahrurrozi Ishaq, anggota Forum Umat Islam (FUI) dan Ketua Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) yang disebut tiga kali oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab akan dijadikan gubernur tandingan melawan Basuki Tjahaja Purnama, di depan Balaikota, Senin (10/11/2014).

"Kalau Ahok tetap dijadikan gubernur (DKI), kami ajukan saja gubernur tandingan, ini Ketua GMJ, Ustaz Fahrurrozi Ishaq," kata Habib Rizieq di depan massa.

"Andai kata Ahok dilantik, KMP tidak mungkin buat gubernur tandingan, DPRD gunakan interpelasi. Kami yang akan lantik gubernur tandingan, sampai KMP bisa dapatkan gubernur definitif," ujar Habib Rizieq di ruang Gedung DPRD DKI.

DPRD juga diminta membuat konferensi pers agar masyarakat jelas tanpa ada provokasi. "Kalau main paksa, kita bisa main paksa," pungkas Habib Rizieq.