Ribuan umat Islam menghadiri acara deklarasi "Aliansi Nasional Anti Syi'ah' di Masjid Al Fajr, Bandung, Jawa Barat, Ahad (20/4).

Dalam acara deklarasi ini, para ulama yang berkumpul juga sepakat untuk menyatakan sikap mereka. Kesepakatan ini ditelurkan dalam empat butir komitmen dan tekad yang ditandatangani oleh Ketua Pengurus Harian KH Athian Ali, Ketua Dewan Pakar KH Atip Latiful Hayat dan Ketua Majelis Syuro KH Abdul Hamid Baidlowi DPP FPI.

Deklarasi ini dihadiri oleh pengasuh Ponpes Al-Wahdah Lasem Rembang KH Abdul Hamid Baidlowi, Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh KH Muslim Ibrahim, tokoh Muhamadiyah Makasar KH Muhammad Said Abdus Shamad, Ketua Umum PERSIS Prof Dr KH Maman Abdurrahman, dan Ketua MUI Balikpapan KH Abdul Muis Abdullah.

Selain itu hadir pula KH.Abdul Hamid Baidlowi Dewan Syuro DPP FPI Pengasuh Pesantren Husnayain JAkarta KH Ahmad Cholil Ridwan, pengurus MUI Jawa Timur Habib Zain Al-Kaff, pengasuh Ponpes Al-Hikam Bangkalan KH Nailurrahman, Sekjen Forum Ummat Islam KH Muhammad Al-Khaththath, Ketua Islamic Center Al-Islam Bekasi Farid Ahmad Okbah, dan Ketua MUI Pusat Prof Muhammad Baharun.

KH.Abdul Hamid Baidlowi Dewan Syuro DPP FPI “Saya menyebutnya ini ‘Poros Bandung’ yang akan menjadi tonggak sejarah. Mulai hari akan terjadi perlawanan yang hebat dari kaum Sunni terhadap Syiah di Indonesia.