Ratusan anggota Front Pembela Islam (FPI) melakukan aksi demonstrasi dan memblokir jalan di depan Gedung DPRD Kota Bandung. Massa yang mengenakan busana serba putih itu menuntut Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk membubarkan aktifitas Jamaah Ahmadiyah.

Dalam aksi unjuk rasa itu, FPI meminta Wali Kota Bandung Dada Rosada mencabut pernyataan yang akan membubarkan FPI di Kota Bandung. Acep menyayangkan pernyataan Dada, yang justru mengancam akan menghentikan aktivitas FPI dibanding Ahmadiyah.

"Kami datang untuk meminta ketegasan wali kota untuk mencabut pernyataan yang akan membubarkan FPI," ucap sang orator anggota dewan syuro FPI Jawa Barat KH Ahmad Nahrowi.

Nachrowi menuding Ahmadiyah yang telah melakukan pelanggaran terhadap Pergub Jabar, bukan FPI. "Sudah jelas, Ahmadiyah itu melanggar peraturan gubernur, kenapa terus dibiarkan terus dan malah kami yang dibubarkan," tegasnya.

Koordinator FPI Priangan Timur Acep Sofyan mengatakan, sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Jabar No 12 Tahun 2011 tentang Larangan Kegiatan Jemaat Ahmadiyah di Jawa Barat, sebagai warga negara Indonesia harus menghargai norma kehidupan umat beragama.

"Aliran Ahmadiyah baik yang ada di negara Indonesia maupun negara lainnya adalah aliran yang menistakan agama tertentu," kata Acep di sela-sela aksi di depan DPRD Kota Bandung, Kamis (8/11).

Dalam rangka terlaksananya keamanan dan ketertiban, masyarakat, tokoh dan ulama di Provinsi Jawa Barat harus menyamakan persepsi. Terutama terkait keluarnya aturan Pergub mengenai larangan aktivitas Jamaah Ahmadiyah di Jawa Barat.

Menurut dia, isi dari Pergub yang ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan anggota dewan itu berdasarkan hasil kesepakatan bersama. Atas alasan itu, ia meminta pemerintah untuk menutup aktivitas Jamaah Ahmadiyah sekaligus memberikan sanksi terhadap pelanggarnya.

"Jika tidak dipatuhi dan dilaksanakan oleh lembaga pemerintahan, maka kami sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi syariat Islam siap mengambil tindakan obyektif dan profesional," tandasnya.

Usai beraksi di depan kantor Pemkot Bandung, ratusan massa FPI akan melanjutkan aksi serupa di Gedung Sate Bandung.