Gabungan Ormas dan OKP Islam dan sejumlah BEM perguruan tinggi membentuk Aliansi Solidaritas Masyarakat Riau untuk Palestina. Organisasi ini telah merancang beberapa kegiatan untuk membantu rakyat Palestina yang kini menjadi korban agresi militer Israel.

Riauterkini-PEKANBARU-Gabungan organisasi masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan dan Pelajar (OKP) Islam serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejumlah perguruan tinggi di Pekanbaru membentuk Aksi Solidaritas Masyarakat Riau untuk Palestina (ASMRP). Pembentukan aliansi ini diinisasi oleh anggota DPRD Kota Pekanbaru Ade Hartati Rahmad dan diputuskan pada rapat yang berlangsung di salah satu ruangan di Gedung Wakil Rakyat Payung Sekaki, Sabtu sore (12/7/14).

Tampak hadir dalam pertemuan itu pimpinan ormas dan OKP Islam seperti Front Pembela Islam (FPI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelamat Organisasi (MPO), Gerakan Pemuda Anshor, Laskar Muda Melayu Bersatu, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan beberapa presiden BEM dari sejumlah perguruan tinggi di Pekanbaru.

Dalam rapat tersebut disepakati Senin lusa (14/7/14) dan beberapa hari ke depan akan diadakan beberapa kegiaan turun di jalan. Untuk Koordinator Lapangan (Korlap) secara mufakat terpilih Presiden BEM UIR, Yusroni Piliang.

Untuk aksi Senin nanti, massa ASMRP akan melakukan aksi demonstrasi damai yang mengambil titik kumpul di depan kantor DPRD Kota Pekanbaru. Setelah berorasi yang mengutuk keras tindakan brutal militer Israel, massa akan bergerak dengan cara berjalan kaki (longmarch) ke Stasiun RRI Pekanbaru. Di stasiun radio milik pemerintah ini, ASMRP akan melakukan doa bersama untuk keselamatan rakyat Palestina yang bermukim di jalur Gaza.

''Selain itu kita akan menyampaikan tuntutan kita untuk mendesak pemerintah segera melakukan langkah-langkah diplomasi menghentikan secepatnya agresi militer Israel terhadap Palestina. Apalagi hingga hari ini kita dapat kabar sudah lebih dari ratusan orang meninggal dunia, dan kebanyak wanita dan anak-anak,'' tukasnya.