Ketua Front Pembela Islam (FPI) Depok Habib Idrus Al Gadri menyoal keberangkatan ribuan calon haji asal Kota Depok yang rencananya akan bertolak dari Lapangan Balai Kota. Idrus berpendapat, hal itu seakan dipolitisir.

Menurut Habib Idrus Al Gadri musim haji saat ini beriringan dengan musim Pemilihan Kepala Daerah. Asumsi Habib Idrus Al Gadri bukan tanpa alasan, karena selama ini ia menilai sang Wali Kota, Nur Mahmudi, tak pernah peduli dengan para calon jemaah haji.

"Kenapa baru sekarang disediakan tempat pemberangkatan di lingkungan Pemkot. Ini ada apa?" kata Habib Idrus Al Gadri kepada Jumat 5 September 2014.

Bakal calon wali kota Depok (Habib Idrus Al Gadri) ini mengaku telah berulang kali menyampaikan pendapat agar keberangkatan ribuan calon jemaah haji dari balai kota, namun tidak pernah direspons.

"Katanya lapangan Pemkot tidak sanggup menampung karena keterbatasan lahan parkir. Nah, kenapa sekarang justru ada perintah pemberangkatan  dari balai kota?" kata Habib Idrus Al Gadri yang juga direktur travel umrah PT Safaroh Ziarah Haramain.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok Chalik Mawardi membantah tudingan itu. Menurutnya, keputusan keberangkatan calon jemaah haji berdasarkan surat edaran wali kota.

"Pemberangkatan di Pemda tidak ada kaitannya dengan politik, tapi kewajiban undang-undang," ujar Chalik melalui pesan singkat.

Rencananya 1.208 calon haji asal Depok akan berangkat ke tanah suci pada 10, 17, dan 27 September 2014.