Beberapa waktu sebelum wafat, Habib Selon masih giat berdakwah meski kondisi kesehatannya sudah dirasa tidak baik.

Beberapa hari lalu saat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Almarhum Habib Selon bahkan masih mengisi jadwal ceramah di beberapa tempat sekaligus dalam sehari.

Seolah menjadi 'firasat terakhir' sebelum wafat, dalam sebuah ceramahnya saat perayaan Maulid Nabi di salah satu Masjid di Jakarta Selatan, Habib Selon berpesan pada masyarakat untuk tetap gigih meneruskan dakwah Rasulullah SAW.

"Dalam momen tersebut kurang lebih intinya Beliau (Habib Selon) berpesan pada jemaah untuk gigih meneruskan dakwah Rasulullah SAW," ujar Ustaz Ahmad Fauzi, salah seorang rekan Almarhum.

Ustaz Ahmad Fauzi menambahkan, dirinya begitu mengagumi perjuangan dakwah Almarhum Habib Selon. "Subhanallah, Beliau tetap gigih berjuang, berdakwah hingga menjelang akhir hayatnya," tutup Ustaz Ahmad.

Firasat Keluarga.

Keluarga besar sudah punya firasat Habib Salim Alatas alias Habib Selon akan meninggalkan mereka. Pria yang akrab disapa Habib Selon itu meninggal pada Senin tadi sekitar pukul 5 subuh.

"Ya keluarga sebenarnya sudah ada firasat kalau Habib akan pergi," kata Fitri, adik iparnya saat ditemui di rumah duka di Kampung Sawo kecik, Lapangan Ros, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (28/12).

Firasat Habib Selon akan pergi juga dirasakan adik kandungnya, Habib Ali. Kepada Ali, Habib Selon meminta dicarikan ambulans dan menitipkan anak-anaknya.

"Kakak ane pernah pernah bilang beberapa hari lalu untuk jagain anak-anaknye. Terus baru dua hari ini dia minta cariin mobil ambulans untuk orang yang tidak mampu," katanya dengan sedih.

Disebutnya, Habib Selon, memang suka merasa nyeri di bagian jantungnya. Sakit jantung itu sudah diderita setahun terakhir.

"Sudah gitu sering dia nyeri jantungnya," tambahnya.

* Media News FPI *