Longsor menelan korban jiwa di Jalan Raya Salawu, Kampung Tagog, Desa Karangmukti, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya pada Rabu (25/11) sekitar pukul 15.30 WIB. Longsor susulan terjadi sekitar pukul 18.00 WIB

Ada tiga bangunan yang terseret longsor dan jatuh ke jurang sedalam 30 meter. Saat ini sedang dilakukan evakuasi terhadap koban longsor. Namun, karena kondisinya hujan dan gelap, proses evakuasi menjadi terhambat.

Sejak awal musibah tanah longsor di Salawu Relawan FPI Tasikmalaya dan Garut sudah berbondong-bondong berdatangan untuk membantu evakuasi korban dan memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh warga setempat.

Selain evakuasi harus dihentikan sementara waktu karena masih terjadi pergetakan tanah. Mobil besar yang bebannya cukup berat tidak disarankan lewat jalur Salawu-Cilawu Kabupaten Tasikmalaya. Baik dari arah Kabupaten Garut menuju Tasikmalaya maupun sebaliknya.

Berdasarkan pantauan dilapangan, tiga bangunan yang terseret longsor hanya berjarak sekitar lima meter dari pinggir Jalan Raya Salawu yang menghubungkan Kabupaten Tasikmalaya dan Garut. Sehingga, saat mobil berukuran besar dan membawa beban yang cukup berat, dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadi longsor susulan.

* Media News FPI *