Front Pembela Islam (FPI) Kalimantan Barat bekerjasama dengan Forum Peduli Ibu Pertiwi (FPIP) dan Gerakan Peduli Anak Yatim (GPAY) mengelar khitan massal bagi anak yatim, di Rumah Kediaman Ketua FPI Kalbar, Habib M. Iskandar Alkadrie, Jl Paralel Tol 1, Gg Balawi, Pontianak Timur, Sabtu (21/6/2014). Jumlah anak yatim yang disunat massal sebanyak 50 orang dari Kota Pontianak, Kubu Raya, dan Mempawah.

"Sunatan massal ini bertujuan agar bisa mengetuk hati masyarakat yang mampu, untuk peduli terhadap masyarakat kurang mampu seperti, anak yatim, pakir miskin dan lainnya," ujar Ketua FPI Kalbar, Habib M. Iskandar kepada Tribunpontianak.co.id, Sabtu (21/6/2014).

Iskandar menuturkan, motivasi pihaknya mengelar sunatan massal ini, setelah melihat beberapa orangtua ingin mengajak anak-anaknya ke Masjid. Tetapi anaknya belum di sunat. "Sehingga kita harus mengelar sunatan massal terutama bagi anak-anak yakin, dan kurang mampu," ucapnya.

Setelah melakukan sunatan massal, para peserta sunatan massal dibagikan peralatan shalat. Dengan tujuan setelah di sunat anak-anak lebih menggenal ibadah dengan hakikih. "Kegiatan seperti ini dilakukan setahun sekali. Kalau untuk kegiatan lainnya sering seperti ke pondok dan ke kampung," jelasnya.