(SI Online) - Puluhan orang yang tergabung dalam Forum Anak Nagari (Forkan) Padang menolak kedatangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab, di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Selasa (26/11/2013) dengan melakukan aksi sweeping.

Kapolsek BIM mengaku terkejut ada aksi sweeping di pintu masuk BIM tanpa izin dari dia. Ketua Forkan, Roni Putra beralasan kehadiran Habib Rizieq untuk memprovokasi massa dalam menolak pembangunan Lippo Group.

“Kami tahu kehadiran pentolan FPI itu untuk memprovakasi masyarakat Padang menolak investasi Lippo Group senilai Rp2 triliun di Padang,” ujar Roni, Selasa (26/11/2013).

Roni yang mendukung pembangunan Lippo Group itu mengatakan investasi Lippo akan mengurangi angka pengangguran. "Justru tanpa investasi, Padang akan miskin, dan kemiskinan sebenarnya pintu masuk kekufuran,” ujarnya.

Rencananya, besok Kamis (28/11/2013) ribuan umat Islam dari berbagai elemen akan mengadang aksi di depan kantor DPRD Padang untuk menuntut agar dicabutnya izin pembangunan Rumah Sakit Kristen Siloam, Sekolah Pelita Harapan, hotel, dan mall milik misionaris kawakan James T Riady, yang akan dibangun di Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang. Sejumlah bangunan tersebut telah menyalahi aturan dan terindikasi sebagai fasilitas untuk gerakan pemurtadan di Padang.

Habib Rizieq ada di Aceh

Sementara itu Ketua FPI Sumbar, Muhammad Busyra Al Khatib menegaskan, Habib Rizieq tidak memiliki agenda ke Padang pada bulan ini. Ia menilai aksi sweeping tersebut hanya akal-akalan Forkan saja untuk mengalihkan isu aksi demo yang akan dilakukan ormas Islam ke DPRD Padang.

Ia juga mempertanyakan kenapa Habib Rizieq disangkut-pautkan dengan penolakan Siloam, padahal Habib tidak ada hubungannya dengan itu.

Muhammad Busyra merasa heran terhadap aksi sweeping Forkan yang beralasan menghalangi Habib Rizieq meresmikan FPI Pasaman Barat. Padahal FPI Pasaman Barat sudah diresmikan oleh FPI Sumbar beberapa waktu lalu. Selain itu, meresmikan FPI tingkat kabupaten/kota bukan tugas Ketua FPI Pusat, melainkan tugas FPI Provinsi.
Spanduk kegiatan Habib Rizieq sepekan ini di Aceh