(SI-Online) Belakangan ini Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Muhammad Rizieq Syihab gencar mendapat tuduhan bahwa dia adalah seorang yang cenderung Syiah (tasyayu'). Bahkan ada sebagian kalangan yang dengan yakin memfitnah Habib Rizieq sebagai seorang Syiah.

Salah satu hal yang membuat kalangan penuduh itu begitu yakin adalah beredarnya sebuah foto yang menunjukkan Habib Rizieq sedang berpose bersama sejumlah tokoh Syiah di Iran.

Habib Rizieq sendiri, dalam berbagai kesempatan telah menyampaikan kepada umat bahwa dirinya dan ormas yang dipimpinnya, FPI, adalah ahlussunnah wal jamaah. Secara lebih rinci Habib Rizieq menyampaikan dalam bidang akidah mengikuti Imam Asy'ari, sedangkan dalam bidang fiqh mengikuti Imam Syafi'i. Bagi kalangan yang masih ngotot menuduhnya sebagai seorang Syiah, Habib Rizieq secara terbuka telah menantang mereka untuk bermubahalah (bersumpah saling laknat, red).

Terkait foto yang beredar di dunia maya ini, seperti diterima Suara Islam Online, Selasa (19/11/2013) Habib Rizieq menjelaskan bahwa foto tersebut adalah foto dirinya dan rombongan delegasi dari Jakarta saat melakukan kunjungan ke Iran pada Mei 2006 lalu. Kunjungan dilakukan untuk melihat program nuklir Iran.
Foto Habib Rizieq Syihab saat berada di Iran pada 2006 lalu yang beredar di dunia maya (ist)

Dijelaskan secara rinci oleh Habib Rizieq, sosok yang berada di sebelah kirinya adalah Ayatullah Ali Tashkiri, seorang ulama Syiah Iran yang sering mewakili Iran dalam dialog internasional Sunni-Syiah. Menurut Habib Rizieq, Tasykiri adalah seorang Syiah moderat yang juga sering disebut Syeikh Dr Yusuf Al Qaradhawi dalam kitabnya.

Sementara di sebelah kanannya, kata Habib Rizieq, adalah seorang ulama Sunni bermazhab Hanafi. "Ana lupa namanya," kata Habib Rizieq.

Di ujung kanan adalah Dr. Abdul Mu'thi yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah. Mu'thi sekarang menjabat sebagai Sekretaris PP Muhammadiyah. Sementara di sebelahnya adalah Usman Shahab, seorang ustad Syiah di Indonesia.

Berada di ujung kiri adalah Imam Addaraquthni, seorang tokoh muda Muhammadiyah pendiri Partai Matahari Bangsa (PMB). Selain di Muhammadiyah, Imam sekarang adalah Sekretaris Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Selanjutnya Habib Rizieq menjelaskan, di belakang Hadad Alwi berdiri Sekjen PBNU Ir H Iqbal Sulam. Iqbal sekarang menjabat sebagai salah satu Ketua PBNU. Sementara duduk di bagian depan adalah Anggota Presidium MER-C dr Joserizal Jurnalis, bersama Hasan Dalil, seorang tokoh Syiah Indonesia.

"Kenapa Ustadz? Apa ada yang aneh? Kan ana sudah kasih tahu secara terbuka bahwa ana dkk pernah ke Iran beberapa tahun lalu? Apa ada yang sengaja eksploitasi foto tersebut untuk benarkan tuduhan ana Syiah? Mereka bodoh dan kekanak-kenakanan Ustadz. Jangan panik," kata Habib dalam broadcast-nya kepada Pemimpin Umum Suara Islam KH Muhamad Al Khaththath yang menanyakan perihal foto tersebut.

"Ustadz tenang saja. Kasih tahu saja mereka dengan santai bahwa foto ana dengan ulama Wahabi ada, dengan para pendeta ada, dengan rahib ada, dengan preman ada juga, dengan LDII pun ada, dengan Ahmadiyah saat dulu dialog ada juga, bahkan dengan monyet pun ada saat ana ke Kebun Binatang Ragunan. Apa itu semua berarti ana golongan mereka ???!!!," lanjutnya.

Habib Rizieq menantang kepada kalangan yang menuduhnya sebagai seorang Syiah untuk bermubahalah. "Kalau mereka berani dan yakin benar dengan tuduhan mereka, suruh saja mereka semua sekaligus untuk mubahalah dengan ana," tantangnya.

Tidak lupa, dia juga menghimbau kepada umat Islam untuk senantiasa mewaspadai propaganda musuh Islam yang selalu mencari celah untuk memecahbelah persatuan umat.