Sebagai langkah melanjutkan roda kepemimpinan organisasi. Dewan Pimpinan Daerah Front Pembela Islam (DPD FPI) Kota Depok menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-3 di Balai Rakyat Sukmajaya, Sabtu (1/8).

Pada kesempatan itu, turut pula hadir Ketua Bidang Organisasi DPP FPI, Munarman dan Ketua FPI Jawa Barat, KH Abdul Kohar. Selain juga, hadir perwakilan Muspida Kota Depok sampai perwakilan tokoh lintas agama.

Mantan Ketua DPD FPI Kota Depok, Habib Idrus Al Gadri mengatakan, muswil merupakan pengambilan keputusan yang tertinggi untuk memilih pemimpin FPI kedepannnya.

Pada musyawarah pada tahun ini, sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena pada tahun ini, musyawarah hanya merekomendasikan nama (calon ketua) yang akan diserahkan ke DPP FPI, untuk selanjutnya ditentukan langsung oleh pusat.

“Pada tahun ini, dari 11 DPC (FPI tingkat kecamatan), hanya mengajukan sebanyak tujuh nama dan akan diajukan ke DPP,” kata Habib Idrus kepada Radar Depok, tadi malam.

Adapun tujuh orang yang dicalonkan, kata Habib Idrus, yakni Ustad  Agus Rahmat, Ustad Ahmad Yani, Ustad Ghofur, Habib Ja’far bin Syhaab, Muhammad Syahab, Ustad Mukhlis, dan Ustad Azis Ammi.

Pria yang sudah 16 tahun memimpin FPI Depok ini berpendapat jika seluruh nama yang dicalonkan, merupakan yang terbaik yang dimiliki FPI Depok saat ini. Karena dalam proses musywarah, lebih dilihat sosok pemimpin yang amanah, tegas, benar dalam perbuatan, dan konsisten.

”Jadi proses muswarah akan sangat teliti dan penjaringan tujuh nama tersebut pun dilakukan berdasarkan kriteria yang sesuai dengan Islam,” tegas dia.