Imam Daerah Front Pembelas Islam (FPI) Banten, KH.A.Qurthubi Jaelani mengaku tenang dengan pernyataan pemerintah dan pihak kepolisian yang berjanji akan mengusut secara tuntas dan menyelesaikan dengan baik kasus pembakaran Masjid Tolikara, Papua, pada Jumat (17/07/2015).

Pria yang beralamat di Jalan Raya Cipanas-Warung Banten, tepatnya di Kampung Banjar Pahingeun, Desa Banjar Irigasi, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak ini, mengatakan, dirinya pun mencermati perkembangan kasus Tolikara melalui media sosial (medsos).

"Pernyataan kapolri tersebut bisa meredam amarah anggota FPI. Namun, jika tidak ada peryataan Kapolri, tidak menutup kemungkinan itu akan menjadi bencana," kata Imam Daerah FPI Banten, KH.A.Qurthubi
Jaelani, Jum'at (24/07/2015).

Sebelumnya pada hari rabu (22/07/2015) Imam Daerah FPI banten juga dikunjungi oleh kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar, pertemuan yang sangat akrab dan penuh kekeluargaan guna membahas menjaga keutuhan NKRI dari rongrongan grombolan separatis OPM Papua.

Didampingi oleh Ketua Dewan Tanfizi DPD FPI Banten KH Muhammad Fachrurozi di pondok pesantren Al-Futuhiyah, Imam FPI Banten menegaskan kalau FPI Banten akan selalu Sam'an Wa Tho'atan kepada Imam Besar FPI Alhabib Muhammad Rizieq Syihab Lc.MA DPMSS jika memang ada intruksi dari pusat untuk berjiad maka saya akan ajak seluruh Laskar FPI Banten untuk berangkat jihad ke Tolikara Papua.