Surabaya (PembelaIslam.com), Malam tadi (7/10) Suasana masjid Serang Surabaya nampak berbeda dari malam-malam sebelumnya. Ribuan warga Surabaya sejak Maghrib dikumandangkan berbondong-bondong memadati masjid tua yang letaknya berada seputaran makam Sunan Ampel. Malam itu mereka akan kedatangan seorang tamu agung, tokoh nasional, ulama besar yang berpengaruh, pejuang Islam, pembela agama Allah.

Setelah melaksanakan shalat maghrib berjamaah, jamaahpun larut dalam acara pembacaan Maulid Nabi Muhammad Saw. Tepat setelah shalat Isya' tamu agung yang ditunggu tunggu sudah tiba yaitu Al-Habib Dr. Muhammad Rizieq Syihab, Lc, Ma, Imam Besar Front Pembela Islam.

Beliau beserta rombongan dari Jakarta disambut dengan suka cita. Nampak dalam rombongan beliau adalah, Habib Abdurraman Bahlega, Pimpinan Pondok Ihyaus Sunnah Pasuruan, KH. Misbahul Anam At- Ttijani dari DPP FPI, KH. Abdul Qohar Al-Qodsy, Lc ketua DPD FPI Jawa Barat, Habib Fikri Bafaroj Ketua Lembaga Dakwah Front.

Serangkaian acara telah dilaksanakan, hingga sampailah pada acara puncak yang ditunggu tunggu, yaitu mendengarkan mauidhah hasanah yang disampaikan Habib Rizieq.

Dalam ceramahnya beliau berpesan kepada para jamaah senantiasa menghormati kedua orang tuanya., karena ridha kedua orang tua inilah kunci dari turunnya ridha Allah kepada kita. Satu hal yang cukup menarik, beliau menginformasikan tentang keadaan terkini Dolly Surabaya, lokalisasi prostitusi terbesar se-Asia Tenggara. Bahwa saat ini jumlah pelacur yang beroperasi di tempat tersebut tinggal 60 persen saja. Sedangkan sisanya telah berhasil dientaskan dan ditobatkan. Hal ini adalah berkat kerjasama yang kompak antara ulama dan umara.

Tidak banyak yang tahu, sekitar dua tahun sebelum Dolly mulai ditutup, Habib Rizieq mengatakan bahwa beliau diundang secara khusus oleh KH. Hasan Mutawakkil, pimpinan Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur untuk membicarakan langkah- langkah apa saja yang perlu dilakukan agar Dolly bisa ditutup.

Alhamdulillah, usaha-usaha itu kini sudah mulai membuahkan hasil, walaupun belum 100 persen.

Di akhir ceramahnya, beliau mengingatkan agar umat Islam senantiasa bersatu dalam ukhuwah Islamiyah, Tantangan dan perjuangan umat Islam ke depan akan makin besar dan berat, hal ini hanya mungkin dihadapi bila umat Islam bersatu. Acara malam itu ditutup dengan pembacaan doa. Dilanjutkan dengan ramah tamah dengan beberapa ulama.

Takmir Masjid Serang menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Habib Rizieq beserta rombongan, Mereka mengharapkan agar kehadiran beliau rutin dijadwalkan. Mereka bahagia karena jumlah jamaah yang hadir begitu banyak, pemandangan yang jarang ada di waktu waktu sebelumnya.

Takmir Masjid juga menyampaikan bahwa acara malam itu telah disyiarkan secara live oleh Syiar TV, televisi lokal yang dikelola oleh Takmir Masjid Serang sendiri.

Safari Dakwah Habib Rizieq esok hari akan dilanjutkan di kota Pasuruan Jawa Timur. Antara lain di Pondok Darul Lughah Wa Dawah Raci dan kediaman Habib Taufiq Assegaf Pasuruan. Rencananya beliau beserta rombongan akan berada di Jawa Timur sampai minggu depan.