1. Berlindunglah selalu kepada Allah SWT dari sifat pengecut, dan mohonlah terus Pertolongan-Nya, serta senantiasa Tawakkal kepada-Nya.

2. Mantapkan langkah untuk selalu berada di jalan yang benar, karena kesalahan adalah penyebab rasa takut, sedang kebenaran adalah sumber keberanian.

3. Tanamkan keyakinan bahwa Pejuang selalu lebih unggul daripada Para Pecundang, karena aneka kesulitan perjuangan yang menimpanya, seperti rasa lelah, pusing, sakit, khawatir, beban biaya, terluka atau pun terbunuh, pasti dialami juga oleh para musuhnya, hanya saja perbedaannya adalah bahwa Pejuang memiliki harapan dapat Ridho Allah SWT, sedang Para Pecundang tidak memiliki harapan tersebut.

4. Tanamkan kepercayaan bahwasanya jika yang Haq datang berhadapan dengan yang Bathil, maka yang Haq pasti akan menang, sedang yang Bathil pasti akan hilang.

5. Tancapkan harapan mati indah dalam perjuangan, karena kematian pasti datang baik kepada yang berjuang atau pun tidak.

6. Baca dan Kaji serta Hayatilah perjuangan para Rasul dan Nabi, khususnya Rasulullah SAW beserta Ahlul Bait dan Para Shahabatnya, serta juga Pejuang Islam lainnya.

7. Bangunlah Kebersamaan, karena berapa banyak kesendirian menimbulkan ketakutan, sedang kebersamaan menimbulkan keberanian.

8. Carilah Pengalaman, karena berapa banyak rasa takut muncul akibat tidak pengalaman, namun saat sudah berpengalaman rasa takut mulai memudar berganti keberanian.

9. Pelajarilah Kelemahan lawan, karena sering muncul rasa takut terhadap lawan lantaran tidak tahu kelemahannya, namun saat sudah tahu kelemahannya rasa takut hilang dengan sendirinya.

10. Bergaullah selalu dengan Para Pemberani dalam kebenaran, karena karakter seseorang banyak dipengaruhi oleh pergaulan.