Foto mirip artis Asmirandah yang diduga sedang berdoa di sebuah kebaktian di gereja beredar di media. Tepat di sampingnya ada pria mirip aktor Jonas Rivano yang juga dalam posisi dan sikap yang sama.

Foto tersebut kemudian memunculkan spekulasi yang selama ini berkembang. Sebelumnya, ia santer diberitakan pindah agama menjadi Kristen mengikuti keyakinan Jonas, yang pernah berpura-pura masuk Islam untuk menikahi Asmirandah. Namun, hingga kini belum ada konfirmasi dari keduanya.

Ketua Front Pembela Islam (FPI) Depok, Habib Idrus al Gadri berharap foto tersebut bukan Asmirandah, ia berharap Andah tidak berpindah keyakinan dan tetap sebagai muslimah.

"Sebagai seorang muslim, kita berharap berita Asmirandah murtad itu tidak benar," ujar Habib Idrus kepada Suara Islam Online, Rabu (29/1/2014).

"Namun jika kabar murtad itu benar, ini berarti membuktikan Jonas adalah seorang misionaris yang pekerjaannya menikahi muslimah lalu dimurtadkan," tambah Habib Idrus.

Menurut Habib Idrus, sejak kasus Jonas Asmirandah ini mencuat sudah ada 6 kasus serupa yang ia temukan. Karenanya, ini harus menjadi pelajaran khususnya bagi para muslimah agar berhati-hati memilih pasangan.

Terkait tindakan murtad, ketua FPI Depok ini menjelaskan bahwa murtad adalah sesuatu yang paling berbahaya karena akan celaka dunia akherat. Didunia salah satu kerugiannya ialah secara nasab akan terputus dari keluarga, dan di akherat akan dimasukkan kedalam neraka jahannam selama-lamanya.

Habib Idrus yang selama ini menangani kasus penodaan agama oleh Jonas Rivanno mengaku akan terus mengawal kasus tersebut sampai Jonas dijebloskan ke penjara.