Ketua Front Pembela Islam (FPI) Aceh Tengku Muslim at Tohari menegaskan bahwa pemerintah pusat tidak perlu khawatir jika keberadaaan pengungsi Rohingya di Aceh akan membebani keuangan negara.
Menurutnya, masyarakat Aceh dan berbagai lembaga kemanusiaan mampu membantu para pengungsi Rohingya. 
"Pemerintah tidak usah khawatir karena stock bantuan banyak, baik itu dari masyarakat maupun lembaga-lembaga kemanusiaan. Bahkan saking banyaknya beras harus disimpan di bulog agar lebih terjaga," ujar Tengku Muslim saat dihubungi Suara Islam Online, Kamis (4/6/2015).
FPI sendiri, kata Tengku Muslim, sejak awal sudah membuka posko bantuan. FPI Aceh sudah menyalurkan bantuan untuk pengungsi di Aceh utara dan timur berupa 6,7 ton beras, dan makanan lain seperti roti, mie instan, susu, telor dan lainnya. 
FPI juga memberikan 60 karung pakaian layak pakai serta peranti shalat seperti sajadah juga pembalut wanita. Tidak hanya itu, FPI Aceh juga telah membangun 4 kamar mandi darurat.
"Inilah hikmah Allah mengirim para pengungsi Rohingya ke Aceh, masyarakat banyak yang membantu dan setiap hari mereka berkunjung melihat keadaan saudaranya" kata Tengku Muslim. 
Kedepan, lanjut Tengku, para pengungsi bisa juga ditempatkan di pesantren-pesantren di Aceh. "Masih banyak tempat kosong di semua pesantren, dan FPI siap memfasilitasi untuk itu," pungkasnya.
Sumber : Suara-Islam.Online