Bentrokan FPI dengan preman tidak dapat terhindar ketika konvoi masa FPI di hadang di tengah jalan oleh segerombolan preman bayaran yang biasa membekingi sarang maksiat di Kendal yang dimana sehari sebelum kejadian tersebut FPI berhasil mengacak-acak lokasi maksiat di wilayah tersebut.

Penyerangan preman yang mengatasnamakan warga sebenar nya ulah balas dendam preman terhadap FPI karena FPI di Sukorejo Kendal Jawa Tengah gencar melakukan Sweeping terhadap tempat-tempat maksiat yang buka di bulan Ramadhan.

Anggota FPI Temanggung membantah akan melakukan sweeping pada saat itu di wilayah Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah.
Mereka menjelaskan hendak berbuka puasa bersama dengan FPI dari kota-kota di sekitarnya.

"Kami mau berbuka puasa di Sukorejo dengan FPI Magelang, Semarang, dan Kendal. Ternyata pas sampai di bunderan Sukorejo, kami dihadang gerombolan preman", kata seorang anggota FPI Temanggung di Polres Kendal, Kamis (18/7/2013).

Seperti diberitakan massa FPI terlibat bentrok dengan preman di Kecamatan Sukorejo, Kendal, Kamis siang.

Massa FPI berkonvoi dengan menaiki sejumlah mobil dan truk. tidak mengetahui pasti jumlah anggota FPI yang bergabung siang tadi. "Yang jelas puluhan," katanya saksi anggota FPI.

Bentrok itu diawali ketika FPI Magelang tiba di Sukorejo, Mereka dilempari preman dengan batu. Massa FPI kemudian turun dari kendaraan dan terjadilah bentrok itu. Dalam bentrok itu dua mobil FPI dibakar dan empat lainnya dirusak.

Tidak mungkin kita melakukan Sweeping tempat maksiat di siang hari karena di wilayah tersebut tempat-tempat maksiat nya buka di malam hari, jadi penyerangan masa FPI yang sedang konvoi ini adalah balas dendam preman yang kemaren tempat maksiat mereka di acak-acak FPI.